Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam adalah sebagai produk, proses dan sikap

Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam adalah sebagai produk, proses dan sikap (dalam Sulistyarini, 2004).
a.      IPA Sebagai Produk
IPA sebagai produk merupakan akumulasi hasil upaya para perintis IPA terdahulu dan umumnya telah tersusun secara lengkap dan sistematis dalam bentuk buku teks. Dalam pengajaran IPA seorang guru dituntut untuk dapat mengajak anak didiknya memanfaatkan alam sekitar sebagai sumber belajar. Alam sekitar merupakan sumber belajar yang paling otentik dan tidak akan habis digunakan.
b.  IPA Sebagai Proses
Yang dimaksud dengan “proses” adalah proses mendapatkan IPA. IPA disusun dan diperoleh melalui metode ilmiah. Jadi yang dimaksud proses IPA adalah metode ilmiah. Sepuluh keterampilan proses meliputi : (1) observasi;      (2) klasifikasi; (3) interpretasi; (4) prediksi; (5) hipotesis; (6) mengendalikan variabel; (7) merencanakan dan melaksanakan penelitian; (8) inferensi;              (9) aplikasi; (10) komunikasi.
c.  IPA Sebagai Pemupukan Sikap
Makna “sikap” pada pengajaran IPA dibatasi pengertiannya pada “sikap ilmiah terhadap alam sekitar”. Ada Sembilan aspek sikap dari ilmiah yang dapat dikembangkan, yaitu : (1) sikap ingin tahu; (2) sikap ingin mendapatkan sesuatu yang baru; (3) sikap kerja sama; (4) sikap tidak putus asa; (5) sikap tidak berprasangka; (6) sikap mawas diri; (7) sikap bertanggung jawab; (8) sikap berfikir bebas; (9) sikap kedisiplinan diri. Sikap ilmiah ini dapat dikembangkan ketika siswa melakukan diskusi, percobaan, simulasi, atau kegiatan di lapangan.
untuk lebih lengkap silahkan download file nya di SINI atau
DOWNLOAD
semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam adalah sebagai produk, proses dan sikap"

Post a Comment